pemandangan indah Kebahagiaan merupakan impian setiap manusia. Masing-masing individu memiliki perbedaan persepsi dalam mamaknai suatu kebahagiaan. Perbedaan ini selanjutnya akan mengarahkan kepada perbedaan cara dan strategi dalam upayanya menggapai kebahagiaan tersebut. Terjadinya perbedaan persepsi ini karena dilatarbelakangi oleh perbedaan pengetahuan dan pengalaman yang menginternal pada masing-masing individu.

Sebagian orang beranggapan bahwa kebahagiaan itu sama dengan kesenangan. Keduanya memang memiliki persamaan, yaitu sama-sama berada dalam wilayah afeksi atau perasaan. Akan tetapi jika diteliti secara seksama maka akan tampak perbedaan yang mencolok. Orang yang hidup bahagia pasti akan merasa senang, tetapi apakah orang yang hidup dengan bergelimang kesenangan sudah tentu merasakan kebahagiaan? Ternyata belum.

Imam Al-Ghazali dalam kitabnya Ihya’ ‘Ulumuddin mengatakan bahwa sumber pokok kesenangan itu ada empat. Pertama, al-ma’rifah (pengetahuan). Orang yang memiliki pengetahuan yang luas pasti akan memiliki peluang untuk memperolah kesenangan yang lebih besar daripada orang yang pengetahuannya terbatas. Contoh sederhana, orang yang mempunyai pengetahuan yang luas dalam bidang matematika akan merasa senang ketika disuguhi soal matematika, karena pasti akan dapat menjawabnya. Tetapi sebaliknya, dia akan merasa kebingungan ketika disuguhi soal gramatika bahasa Arab.

Kedua, al-shihhah (kesehatan). Seseorang yang memiliki kesehatan yang baik relatif akan memiliki peluang memperoleh kesenangan yang lebih besar daripada orang yang tidak mempunyai kesehatan yang baik. Contoh, orang yang tidak memiliki alergi kulit ketika makan telor tentu akan merasa senang ketika disuguhi makanan yang mengandung telor. Sebaliknya, dia akan merasa sakit dan tersiksa ketika makan makanan yang mengandung telor.

pemandangan gaul

Sumber kesenangan ketiga adalah al-mal (harta). Orang yang memiliki harta melimpah lebih besar peluangnya untuk meraih kesenangan daripada orang yang hartanya sangat terbatas. Contoh, orang kaya ketika melakukan suatu perjalanan dapat memilih sarana transportasi sesuai dengan kehendaknya, baik milik pribadi maupun umum. Hal ini berbeda dengan kondisinya orang miskin yang terbatas pada kemampuan finansialnya.

Keempat, sumber kesenangan adalah al-jah (kedudukan atau status sosial). Seseorang yang memiliki kedudukan atau status sosial yang terhormat dalam masyarakat akan mempunyai peluang yang relatif besar daripada orang yang tidak memiliki kedudukan atau status sosial. Seorang lurah relatif lebih besar peluangnya untuk meraih suatu kesenangan daripada seorang RT.

Menurut Al-Ghazali, keempat sumber itu baru dapat menghadirkan kesenangan saja, belum mampu menghadirkan kebahagiaan. Kesenangan itu akan muncul dan mewujud menjadi kebahagiaan apabila diiringi dengan munculnya ketenangan. Mengenai hal ini, banyak sekali contoh yang dapat kita ambil pelajaran dari kehidupan sehari-hari. Misalnya, kasus yang menimpa para koruptor. Para koruptor ini mungkin dapat meraih segala kesenangan yang diinginkannya dengan menggunakan harta hasil korupsi, tapi dia pasti tidak dapat merasakan ketenangan. Setiap saat merasa bersalah dan takut kasusnya terbongkar sehingga akan diseret ke pengadilan dan dimasukkan ke dalam sel.

Ketenangan dapat diperoleh jika seseorang itu mampu mendesain dan mengarahkan sumber kesenangan itu menjadi sesuatu yang dapat mendekatkan dirinya dengan Tuhannya (taqarrub ila Allah). Hal ini, tentunya sumber kesenangan itu harus dibimbing oleh Al-Qur’an dan As-Sunnah. Keduanya merupakan sumber referensi yang sangat valid dalam mengenal dan memahami Allah SWT. Orang yang telah dekat dengan Allah SWT nantinya akan dapat bersikap ridlo dan ikhlas dengan apa yang telah diberikan oleh Allah SWT kepadanya, walaupun sedikit.

Al-Qur’an dan As-Sunnah telah mengajarkan bagaimana cara mendesain dan mengarahkan suatu kesenangan menjadi sesuatu yang dapat mendekatkan orang yang melakukannya dengan Tuhannya, diantaranya adalah pertama, segala pekerjaan diniati semata-mata karena Allah SWT. Kedua, memposisikan pekerjaan itu selalu ada dalam bimbingan dan prosedur Al-Qur’an dan As-Sunnah. Jika suatu pekerjaan telah didesain dan diarahkan dengan kedua cara ini maka jika nanti hasil yang diinginkan belum atau tidak sesuai dengan apa yang diinginkan, orang yang melakukannya itu tidak akan mengalami kekecewaan atau kehilangan harapan untuk melakukan suatu pekerjaan yang serupa atau pekerjaan lainnya. Selain itu, orang ini akan dapat berpikir positif dalam menghadapi permasalahan atau akan lebih mengutamakan untuk mengevaluasi diri sendiri daripada mengevaluasi orang lain.

Jadi, kebahagiaan berbeda dengan kesenangan, karena kesenangan baru sebatas faktor penunjang yang memungkinkan hadirnya kebahagiaan. Kesenangan akan mewujud menjadi kebahagiaan jika diliputi rasa ketenangan. Suatu kesenangan akan diliputi dengan ketenangan apabila kesenangan itu telah mampu mendekatkan individu kepada Tuhannya. Supaya suatu kesenangan dapat mendekatkan kepada Tuhannya maka harus dibimbing oleh referensi yang mengenal, mengetahui, dan memahami Tuhannya, yaitu Al-Qur’an dan As-Sunnah. Lebih jauh dari itu, inti kebahagiaan adalah bagaimana seseorang mampu bersikap dan berperilaku yang dapat mendekatkan dirinya dengan Tuhannya serta mampu bersikap ridlo dan ikhlas menerima apa yang telah diberikan Tuhan kepadanya.

Comments

27 Response to 'MERAJUT KEBAHAGIAAN SEJATI'

  1. Narzis Blog's
    http://nexttofuture.blogspot.com/2009/09/merajut-kebahagiaan-sejati.html?showComment=1252082619357#c8030882302471543'> September 4, 2009 at 9:43 AM

    Ia yah, keduanya memiliki arti yang berbeda...
    Senang belum tentu bahagia, tapi bahagia udah pasti senang....

    Oh..ya, kalo mw ikutan di Blogsvertise.com, minimal harus punya PR 1... :)

     

  2. AISHALIFE-LINE
    http://nexttofuture.blogspot.com/2009/09/merajut-kebahagiaan-sejati.html?showComment=1252084508597#c3557392804557909988'> September 4, 2009 at 10:15 AM

    betul sekali bro.saya setuju.
    Btw fotonya bagus-bagus.

     

  3. NURA
    http://nexttofuture.blogspot.com/2009/09/merajut-kebahagiaan-sejati.html?showComment=1252086964175#c7354550159713967461'> September 4, 2009 at 10:56 AM

    salam sobat
    wah bersatu tuh dan rukun selalu kalau merajut kebahagiaan sejati.
    picturnya jernih,, diambil sendiri atau ambil dari sumber lain ?

     

  4. dewi
    http://nexttofuture.blogspot.com/2009/09/merajut-kebahagiaan-sejati.html?showComment=1252120466203#c9084215471402617627'> September 4, 2009 at 8:14 PM

    yup setuju sob, yang penting ketenangan dan kedamaian bukan hnya kesenangan duniawi yang sifatnya sementara. oh ya aq suka pic nya .. sejuk benget di mata.

     

  5. buwel
    http://nexttofuture.blogspot.com/2009/09/merajut-kebahagiaan-sejati.html?showComment=1252139996634#c6419472987053899208'> September 5, 2009 at 1:39 AM

    Mantaaabbbbb Imam Ghozali nya......
    Setuju sob...moga kita bisa bersenang2 dalam kebahagian ya....:)

     

  6. big sugeng
    http://nexttofuture.blogspot.com/2009/09/merajut-kebahagiaan-sejati.html?showComment=1252142119185#c3851890818094327726'> September 5, 2009 at 2:15 AM

    bahagia ukurannya adalah hati, makanya perlu selalu membersihkan hati kita

     

  7. Muhammad Qori
    http://nexttofuture.blogspot.com/2009/09/merajut-kebahagiaan-sejati.html?showComment=1252145006078#c7161045501395490723'> September 5, 2009 at 3:03 AM

    waw,,,seandainya mereka mau mengikuti kata-kata ulama terdahulu, pasti bangsa Indonesia akan maju semaju-majunya.

     

  8. waluyo
    http://nexttofuture.blogspot.com/2009/09/merajut-kebahagiaan-sejati.html?showComment=1252159002412#c6257130691494289685'> September 5, 2009 at 6:56 AM

    @narzis:betul, setuju om.
    @Aishalife:makasih...kepengin lihat aslinya....bisa kok mba?
    @Nura:picture diambil dari aslinye, di lereng merapi BU!
    @Dewi: tenang dan damai ya Mba....setuju.
    @Buwel: amin.
    @Big Sugeng: Betul....Om.
    @M. Qori: iya, kadang kita congkak dan sombong dengan kemodern2an, padahal nabi sendiri telah bersabda"فضل علم السلف على الخلف"

     

  9. genial
    http://nexttofuture.blogspot.com/2009/09/merajut-kebahagiaan-sejati.html?showComment=1252165923581#c7080873103646422221'> September 5, 2009 at 8:52 AM

    kenapa leher saiia terasa berat banget kang iia baca tulisan ini... pencernaan akan tiap kata memerlukan kesungguhan buat.... duuhhh...

    mo bilang apa sii nii saiia nya kang?!?!

    relasi poto2 dengan tulisan ini?!?!?

     

  10. attayaya
    http://nexttofuture.blogspot.com/2009/09/merajut-kebahagiaan-sejati.html?showComment=1252231093746#c8780733888220668715'> September 6, 2009 at 2:58 AM

    pencerahan menjelang berbuka

     

  11. Raini Munti
    http://nexttofuture.blogspot.com/2009/09/merajut-kebahagiaan-sejati.html?showComment=1252239249147#c2706803719395886'> September 6, 2009 at 5:14 AM

    asalkan sehat dan dicintai Allah aku sudah bahagia

     

  12. Rachel
    http://nexttofuture.blogspot.com/2009/09/merajut-kebahagiaan-sejati.html?showComment=1252247464070#c4137154924147267585'> September 6, 2009 at 7:31 AM

    Benar sob,
    Kesenangan mungkin lebih gampang didapat tetapi kebahagiaan menyangkut hati.
    Salam

     

  13. Lia_Lovaa
    http://nexttofuture.blogspot.com/2009/09/merajut-kebahagiaan-sejati.html?showComment=1252251666000#c1834418567351763746'> September 6, 2009 at 8:41 AM

    Kebahagiaan yang sejati adalah apabila hati kita selalu dekat dengan Allah STW..ketenangan dan kebahagian hidup akan dapat kita raih bila Allah selalu ada didalam hati kita.

     

  14. yuni
    http://nexttofuture.blogspot.com/2009/09/merajut-kebahagiaan-sejati.html?showComment=1252282852019#c5467147118045115467'> September 6, 2009 at 5:20 PM

    di merapi ya? suka naek gunung jugakah?damai banget...

     

  15. khairuddin syach
    http://nexttofuture.blogspot.com/2009/09/merajut-kebahagiaan-sejati.html?showComment=1252344730939#c7604819400218157112'> September 7, 2009 at 10:32 AM

    setuju bro...
    daerah mana lokasi desa itu?
    fantasic village

     

  16. TRIMATRA
    http://nexttofuture.blogspot.com/2009/09/merajut-kebahagiaan-sejati.html?showComment=1252357375780#c7304096230990810315'> September 7, 2009 at 2:02 PM

    banyak orang bisa senang, senang sesaat atau lama tapi untuk merasa bahagia....kadang sulit sekali.

     

  17. attayaya
    http://nexttofuture.blogspot.com/2009/09/merajut-kebahagiaan-sejati.html?showComment=1252404426442#c6368464708250657408'> September 8, 2009 at 3:07 AM

    selamat berbuka puasa

     

  18. Wh
    http://nexttofuture.blogspot.com/2009/09/merajut-kebahagiaan-sejati.html?showComment=1252434811528#c1919394233714929706'> September 8, 2009 at 11:33 AM

    like this

    Kedamaian hati ialah segalanya....dan bahagia itu sekarang kenapa harus besok ato nanti....

    Terima kasih sob atas penjelasan komplitnya
    Salam

     

  19. NURA
    http://nexttofuture.blogspot.com/2009/09/merajut-kebahagiaan-sejati.html?showComment=1252492674471#c2993875197925773672'> September 9, 2009 at 3:37 AM

    salam sobat
    berkunjung lagi

    ada AWARD sederhana untuk mas WALUYO..mohon diterima ya,,di blog NURANURANIKU,,trims

     

  20. Bunda Lina
    http://nexttofuture.blogspot.com/2009/09/merajut-kebahagiaan-sejati.html?showComment=1252537561373#c8209527295572983337'> September 9, 2009 at 4:06 PM

    Alhamdulillah...Allah mengarahkan jalan maya yg sy lewati ke halaman ini...pencerahan jiwa yang sangat bermanfaat..
    memang meraih sumber kebahagiaan bisa jadi sangat mudah bagi sebagian orang yg diberkahi Allah..tapi yang paling sulit adalah mengelola sumber kebahagian itu.

    Semestinya kebahagiaan dunia bisa menjadi modal untuk kebahagiaan akhirat...

    Terimakasih sahabat..

     

  21. Reni
    http://nexttofuture.blogspot.com/2009/09/merajut-kebahagiaan-sejati.html?showComment=1252591152279#c9072350230869681288'> September 10, 2009 at 6:59 AM

    Tulisannya mantap...!! Keren pokoknya.
    Semoga kita dapat menemukan kebahagiaan sejati ya...

     

  22. wiyono
    http://nexttofuture.blogspot.com/2009/09/merajut-kebahagiaan-sejati.html?showComment=1252819360030#c4415305841325020300'> September 12, 2009 at 10:22 PM

    waduh artikelnya bagus banget bisa buat cerama nih he he he he

     

  23. rumah tiara
    http://nexttofuture.blogspot.com/2009/09/merajut-kebahagiaan-sejati.html?showComment=1252819443526#c5257712897113694177'> September 12, 2009 at 10:24 PM

    ok juga nich jangan lupa sekali-kali mampir lah ke blog jelek kku

     

  24. Jeng Devi
    http://nexttofuture.blogspot.com/2009/09/merajut-kebahagiaan-sejati.html?showComment=1252974369272#c4114937099898014003'> September 14, 2009 at 5:26 PM

    mmm... kalo gak punya semua kesenangan itu apa bisa bahagia ya? mungkin cuma kadarnya aja yang relatif. Nah kalo gak bisa mensyukuri kesenangan yang sudah ada itulah yang bikin gak bahagia... (nyambung gak ya?) ^^

     

  25. Sharing is Fun
    http://nexttofuture.blogspot.com/2009/09/merajut-kebahagiaan-sejati.html?showComment=1253163869440#c3274943888743794002'> September 16, 2009 at 10:04 PM

    Hmmm...nice article friend. Pokoke dalam meraih kebahagiaan, sekali dayung dua tiga pulau terlampaui lah. Alias kebahagiaan dunia dan akhirat. Slamat menyambut 1 syawal 1430 H. Mohon maaf lahir dan bathin. Keep in touch

     

  26. Elsa
    http://nexttofuture.blogspot.com/2009/09/merajut-kebahagiaan-sejati.html?showComment=1255418055391#c2582025014285776514'> October 13, 2009 at 12:14 AM

    semoga kita termasuk dalam golongan orang-orang yang bahagia lahir batin ya...

    asal jangan lupa bersyukur aja atas apa yang sudah kita punya

     

  27. ardianzzz
    http://nexttofuture.blogspot.com/2009/09/merajut-kebahagiaan-sejati.html?showComment=1255667760479#c753851100651135938'> October 15, 2009 at 9:36 PM

    weh kayaknya sering lihat pemandangan kayak gitu..
    di lereng merbabu