BOCAH UNIK

By waluyo on 7:23 PM , , , ,
Satu anak sejak awal kedatangannya membuat semua –termasuk saya- orang tertawa, khawatir, dan bingung. Dia anak yang datang dari jauh, Kalimantan Barat tepatnya. Anaknya kecil, lumayan pendek mungkin belum tumbuh saja, dan ketika berbicara logat aslinya sangat tampak jelas, maaf lho bukan maksud sara. Jadi ketika dia bertingkah pasti mendapat sambutan tertawa dari teman-temannya.

Anak ini memang sedikit merepotkan para pembimbingnya. Dia walaupun sekarang duduk di bangku SLTP namun tingkah lakunya masih seperti anak-anak SD yang suka semau gue. Kita sebagai orang bertanggung jawab penuh terhadapnya juga tidak tahu dan belum pernah bertemu dengan orang tuanya karena ketika dia datang si orang tua tidak menemui kami. Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diharapkan, kami pun mencoba mencari sesuatu yang sekiranya dapat berhubungan langsung dengan orang tuanya, tapi ternyata kami hanya mendapatkan alamat yang itu saja tidak komplit.

Akhirnya kami pun sepakat untuk mencoba membiarkan dia semaunya sendiri dengan terus mengontrolnya dari jauh. Kami berfikir mungkin dia sedang berjuang keras untuk dapat beradaptasi dengan lingkungan barunya yang kebetulan beraneka etnis. Emosinya sama sekali belum stabil, kadang begini kadang pula begini. Pokoknya DIA MASIH DIA BANGET. Sekarang sekolah besoknya bilang sakit, namun nanti setelah teman-temannya sekolah dia main karambol sendiri. Ketika diajak sekolah dia malah menangis.

Tidak hanya masalah sekolah, tidurnya pun semaunya sendiri. Baru tadi malam saya kaget bukan kapalang. Saat saya terbangun jam 3 malam dan saya buka pintu untuk ke belakang membasuh wajah, dia tidur tepat di depan pintu. Saya mencoba untuk membangunkannya, dia tidak mau bangun. Aku pun tak putus asa, saat dia bangun saya minta dia untuk tidur di kamar saya karena di luar sangat dingin, eh dia malah nglonyor pergi dan tidur di tangga.

Saya dalam hati mencoba menebak-nebak, mungkin dia begitu karena sangat kangen dengan Ibunya, mungkin dia dipaksa oleh orang tuanya, dia mencari perhatian, dia belum menemukan teman yang sesuai dengan karakter dirinya, atau dia memang karakternya seperti itu.

Kejadian mirip seperti itu memang bukan sekali ini, sebelumnya satu dua anak mengalaminya. Namun, perasaan yang paling unik baru kali ini. Id-nya masih tampak sangat jelas menguasainya. Dia belum mampu menatap dengan jelas realita yang ada dalam dirinya, apalagi bagaimana dia harus bersikap dan berperilaku yang sebaik dan sebenarnya. Namun, saya yakin dia akan tumbuh menjadi anak yang punya sifat berpendirian kuat. SABAR YA NAK

Comments

11 Response to 'BOCAH UNIK'

  1. si kumb@ng
    http://nexttofuture.blogspot.com/2009/07/bocah-unik.html?showComment=1248760471798#c8494690526792082247'> July 27, 2009 at 10:54 PM

    suka duka menjadi guru nih mas....
    sabar ya mas :)

     

  2. patahati
    http://nexttofuture.blogspot.com/2009/07/bocah-unik.html?showComment=1248770745150#c5489420688063011959'> July 28, 2009 at 1:45 AM

    suatu gambaran bocah yg unik dan aneh saya kira....salam. eh pertamax ya?

     

  3. NURA
    http://nexttofuture.blogspot.com/2009/07/bocah-unik.html?showComment=1248833828647#c6836066688344125368'> July 28, 2009 at 7:17 PM

    salam sobat,,,memang banyak macamnya anak-anak ya,,,termasuk anak unik ini , semoga sabar dan lebih sabar lagi dalam menasehatinya.

     

  4. yanuar catur rastafara
    http://nexttofuture.blogspot.com/2009/07/bocah-unik.html?showComment=1248835909279#c3407955342070725161'> July 28, 2009 at 7:51 PM

    hehehehee
    memang unik kok anak2 sekolah
    macam2 dech karakternya
    semnagtttt

     

  5. Cahaya Salaf
    http://nexttofuture.blogspot.com/2009/07/bocah-unik.html?showComment=1248837141097#c776628968796057904'> July 28, 2009 at 8:12 PM

    Syukran atas infonya, semoga sy dapat belajar dari antum agar lebih bersabar dalam mengajar dan mendidik santri

     

  6. Sang Cerpenis bercerita
    http://nexttofuture.blogspot.com/2009/07/bocah-unik.html?showComment=1248837949478#c8528245139503349081'> July 28, 2009 at 8:25 PM

    wah, pengalaman yg menarik nih.

     

  7. Ronaldo Rozalino
    http://nexttofuture.blogspot.com/2009/07/bocah-unik.html?showComment=1248847339765#c1272096292418454385'> July 28, 2009 at 11:02 PM

    Bocah yang luar biasa

     

  8. Zahra Khusnul Lathifa
    http://nexttofuture.blogspot.com/2009/07/bocah-unik.html?showComment=1248853734928#c8450937032476097818'> July 29, 2009 at 12:48 AM

    biasanya yg unik2 kayak gini gedenya justru jadi orang besar lho bro..hehe..selamat ya :)

     

  9. dewi
    http://nexttofuture.blogspot.com/2009/07/bocah-unik.html?showComment=1248869329806#c516856400162985294'> July 29, 2009 at 5:08 AM

    hebat mas...bisa mnyelami karakter anak didiknya ampe sgtunya...god luck terus n smangat

     

  10. Jayadi Gusti
    http://nexttofuture.blogspot.com/2009/07/bocah-unik.html?showComment=1248927480072#c2444579366867436865'> July 29, 2009 at 9:18 PM

    Anak itu titipan, kata orang-orangtua dulu. Dan kita ... wajib menjaga barang titipan sehingga ketika diminta masih sebaik sewaktu pertama dititipkan, apalagi jika bisa membuat jauh lebih baik, pasti "sang penitip" akan puas dengan kita. Sukses, mas ...

     

  11. Sang Cerpenis bercerita
    http://nexttofuture.blogspot.com/2009/07/bocah-unik.html?showComment=1248929799963#c3561339306409395494'> July 29, 2009 at 9:56 PM

    mesti sabar banget nih menghadapi anak spt ini.